Minggu, 20 Februari 2011

Tolak Program HTI di Pulau Padang Ratusan Anggota STR Demo di Kantor Camat

Senin, 03 Januari 2011 - 19:49:15 WIB

TERKAIT:
# Polres Kawal Pendistribusian Logistik.
# Demo Ratusan Massa Gerakan Masyarakat Anti Mafia Tanah
# Distamben Anggarkan Penambahan Jaringan Listrik di Rupat

Share |

TELUKBELITUNG - Komite Pimpinan Daerah Serikat Tani Riau (KPD STR) Kabupaten Kepulauan Meranti, kembali menggelar aksi massa dalam rangka menolak kegiatan HTI di Pulau Padang Kecamatan Merbau. Kali ini, mereka mendatangi Kantor Camat Merbau menyampaikan orasi.

Ratusan anggota STR ini melalui Koordinatornya, Senin (3/1), mengutukpihaknya sangat mengutuk dan mengecam kebijakan pemerintah yang tidak mengindahkan aspirasi rakyat perihal penolakan program HTI di Pulau Padang oleh perusahaan yang telah menyandang izin.

"Melalui aksi hari ini di depan Kantor Camat Merbau di Teluk Belitung kami mendesak dan menuntut pemerintah SBY harus segera mencabut Izin operasional perusahaan HTI yang telah di sandang pihak perusahaan di blok Pulau Padang. Kedua pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti harus mampu bersikap tegas dan berpihak kepada rakyat sesuai dengan cita-cita Pemekaran Kabupaten," tegas M Ridwan.

Tidak itu saja, kata M Ridwan, aksi jahit mulut akan digelar oleh 300 Laskar Pemuda Tani Riau. Hal ini dilakukan mengingat baik pihak pemerintah maupun pihak swasta selama ini sama sekali tidak mengindahkan apa yang telah dikeluhkan masyarakat. "Makanya kami hari ini melakukan aksi demo jika perlu akan melakukan aksi menjahit mulut kedepannya," jelas M Ridwan.

Soalnya, menurut M Ridwan, dari informasi yang diperolehnya, pihak perusahaan dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi pertanda akan dimulainya Operasi HTI dan memasukkan alat beratnya di lokasi Desa Tanjung Padang. Hal ini sesuai dengan surat Camat Merbau yang ditujukan kepada Kepala Desa Tanjung Padang dengan nomor surat 100/Tapem/2010/451. Pada tanggal 20 Desember 2010.

Disamping itu, pihak perusahaan juga telah mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti tentang memasukkan alat berat dan pembangunan Jetty di Tanjung Padang tersebut. Kedua persoalan tersebut, memicu Serikat Tani Riau (STR) Meranti, melakukan aksi demonya, dengan harapan agar pemerintah dapat meninjau kembali kebijakan yang telah dikeluarkan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris STR Meranti, Sutarno, melalui selulernya menambahkan, tidak kurang dari ribuan massa sebelum menuju ke Kantor Camat Merbau terlebih dahulu berkumpul di Sekretariat Fron Perjuangan Rakyat Meranti (FPRM) di Jalan Sudirman, Kelurahan Teluk Belitung. Mereka kemudian menuju kantor camat sekitar pukul 09.30 Wib dan aksi demo berakhir pada pukul 12.30 Wib.

"Saat berlangsung demo tersebut, Camat Merbau Drs Duriat meminta kepada massa untuk mengutus perwakilan guna melakukan dialog di ruangan kerjanya, namun menurut kami camat juga tidak mungkin dapat menyelesaikan persoalan HTI ini, maka kami lebih memilih bubar, tapi yang penting kami sudah sampaikan aspirasi masyarakat tentang dampak dari keberadaan HTI di Pulang Padang ini," ujar Sutarno.

Lebih lanjut, pihaknya akan datang dengan jumlah anggota lebih ramai lagi ke lokasi dimana alat berat tersebut akan diturunkan, dengan tujuan untuk menghadang agar rencana pembuatan jetty dan mendatangkan alat berat tersebut tidak terjadi .

"Apapun resiko akan kami terima secara bersama, dan kami minta pihak pemerintah jangan tinggal diam aja, dan jangan salahkan masyarakat jika nanti bertindak semena-mena dilapangan. Jangan cuma bela pihak perusahaan, sementara bakal terjadi kesengsaraan ditengah masyarakat tidak dipedulikan sama sekali," tegas Sekjen STR Meranti.

Sementara itu, Kapolsek Merbau AKP Syawaluddin Pane, ketika dikonfirmasi melalui selulernya, membenarkan adanya aksi demo di Kantor Camat Merbau. Pihak Polsek Merbau telah mensiagakan pengamanan sebanyak 30 personil dengan masa yang dihadapi lebih kurang 900 orang. �Sejak awal dan hingga akhir aksi berjalan aman dan terkendali," ujar Kapolsek. (Sus)

1 komentar:

  1. Kami selaku mahasiswa sangat menghrpkn untuk dlibatkn atw di ikut sertakan dlm hal ini,hrpan kmi bs membantu membela kbnran,dgn cara berorasi gbugan mahasiswa sepulau padang,,dan ini pansus kusus mahasiswa. .

    BalasHapus